Monday, August 8, 2016

Parah! 25 Superhero Marvel Ternyata Mirip Karakter DC Comics



Raksasa komik superhero di dunia selama ini didominasi oleh Marvel dan DC Comics. Tak heran, karena memang keduanya memiliki jajaran superhero yang keren. Siapa yang tidak kenal dengan Iron Man, Hawk Eye, Hulk, dan Deadpool? Dan siapa yang tidak tahu Superman, Batman, atau The Flash dari DC Comics?
Tapi tahukah kamu, bahwa Marvel dan DC itu memiliki beberapa karakter superhero yang sama? Sama bukan dalam artian karakter secara utuh, namun dari segi kemampuan dan kemiripan tampilannya.

Karakter Marvel VS DC Comics, Siapa Meniru Siapa?

Tak ingin tertinggal oleh Marvel yang menghadirkan aksi kocak heroik Deadpool, DC Comics pun menyuguhkan aksi karakter superheronya dalam Batman V Superman: Dawn of Justice. Tak berselang lama, Marvel menghadirkan aksi menengangkan antara kubu Iron Man melawan kubu Captain America dalam Captain America: Civil War. Kedua raksasa komik ini seolah saling berlomba menarik perhatian masyarakat lewat aksi karakter miliknya.
Tapi bicara soal karakter superhero, sebenarnya lebih dulu DC Comics atau Marvel sih yang menciptakannya? Yuk kita lihat.

1. Deadpool VS Deathstroke

karakter DS vs Marvel (4)
Sama-sama menggunakan topeng, baik Deadpool maupun Deathstroke menggunakan senjata pistol dan pedang untuk keseimbangan menyerang jarak jauh dan dekat. Jika Deadpool menyembunyikan wajahnya yang hancur, Deathstroke menggunakan topeng untuk menutupi matanya yang tertembak sebelah.

2. Captain America VS Commander Steel

karakter DS vs Marvel (9)
Sama-sama merupakan prajurit yang ikut berperang di Perang Dunia II, Captain America dan Commander Steel ternyata diciptakan oleh Gerry Conway.

3. Superman VS Hyperion VS Gladiator

karakter DS vs Marvel (3)
Berbeda dengan Superman yang memberantas kejahatan, Hyperion dan Gladiator menggunakan kekuatannya untuk berbuat onar. Kabarnya penciptaan Hyperion dan Gladiator oleh Marvel ini ditujukan untuk mengejek citra Superman. Percaya?

4. Ant-Man VS ATOM

karakter DS vs Marvel (11)
Berbeda dengan Ray Palmer yang menciptakan teknologi A.T.O.M. Exosuit (Advanced Technology Operating Mechanism) yang bisa membuat tubuhnya menyusut, Scott Lang menggunakan teknologi pinjaman juga yang bisa membuatnya menyusut. Bicara soal teknologi, Jaka lebih suka Ant-Man daripada ATOM.

5. Cat Woman VS Black Cat

karakter DS vs Marvel (2)
Erat kaitannya dengan kucing, keduanya bernasib tragis sehingga menjadi seorang pencuri. Baik Cat Woman atau Black Cat pada akhirnya menjadi superhero yang bekerja sama memberantas kejahatan bersama pasangannya. Cat Woman dengan Batman, dan Black Cat dengan Spider-Man.

6. Hulk VS Grundy

karakter DS vs Marvel (14)
Sama-sama berbadan besar, Hulk dan Grundy memiliki sifat yang sama pemarahnya. Berbeda dengan Hulk yang bisa dikendalikan untuk menjadi anggota AVENGER, Grundy justru sering diburu oleh superhero DC Comics.

7. Green Lantern VS Quasar

karakter DS vs Marvel (16)
Jika Green Lantern menggunakan Rings Power, Quasar memiliki Quantum band. Keduanya memiliki tugas yang sama, yakni melindungi galaksi.

8. Green Arrow VS Hawkeye

karakter DS vs Marvel (17)
Bagi pecinta serial TV, pasti sudah tidak asing dengan aksi Oliver Queen di Arrow. Arrow ini merupakan kisah dari Green Arrow yang dikembangkan dari DC Comics. Di Marvel sendiri ada pemanah handal yang ikut bergabung dengan AVENGER, yakni Hawkeye. Green Arrow lawan Hawkeye kira-kira menang siapa ya?

9. The Flash VS Quicksilver

karakter DS vs Marvel (8)
Yang terbang sudah ada, yang kuning sudah ada, yang kuat sudah ada, yang cepat pun keduanya sama-sama punya. Kalo disuruh lomba lari, menang siapa ya antara The Flash VS Quicksilver?

10. Aquaman VS Namor

karakter DS vs Marvel (10)
Dibandingkan dengan Namor, Jaka yakin kamu pasti lebih familiar dengan aksi Aquaman. Ditambah kehadirannya sepintas di film Batman V Superman membuat kehadiran Aquaman semakin dinantikan.

11. Ultron VS Brainiac

karakter DS vs Marvel (1)
Ingat aksi Ultron di film AVENGER: Age of Ultron? Nah, Brainiac ini memiliki kemampuan serupa Ultron, dia pintar, dan mampu mengendalikan robot atau Drone. Yang membedakan dari Ultron, Brainiac adalah seorang Alien.

12. Martian Manhunter VS Vision

karakter DS vs Marvel (15)
FYI, Martian Manhunter adalah Alien yang mempunyai banyak kekuatan seperti telepati, kemampuan berubah wujud, pengelihatan sinar X, serta kemampuan super, kecepatan, dan daya tahan tubuh. Gak beda dengan Vision kan?

13. Batman VS Moon Knight

karakter DS vs Marvel (20)
Baik Moon Knight maupun Batman, keduanya sama-sama memberantas kejahatan di malam hari. Yang membedakan adalah jika Batman mendapatkan kekuatan karena latihan, Moon Knight mendapatkan kekuatan dewa. Makanya kekuatan Moon Knight itu tergantung pada fase bulan.

14. Doctor Strange VS Doctor Fate

karakter DS vs Marvel (6)
Doctor Strange dibuat oleh Marvel untuk memberikan nuansa magis. Sementara Doctor Fate milik DC Comics hanyalah tokoh pelengkap saja.

15. Magneto VS Dr. Polaris

karakter DS vs Marvel (18)
Keduanya memiliki kekuatan yang berhubungan erat dengan magnet. Siapa sih yang tidak kenal Magneto dengan aksinya yang keren di X-Men? Tapi coba Jaka tanya, tau Dr. Polaris gak?

16. Hawkman VS Angel

karakter DS vs Marvel (21)
Hawkman dan Angel adalah pahlaman yang bisa terbang dari masing-masing perusahaan komik dunia ini. Bedanya, Hawkman adalah hasil reinkarnasi dewa, sementara Angel adalah seorang mutan.

17. Ghost Rider VS Atomic School

karakter DS vs Marvel (5)
Suka yang tengkorak-tengkorakan? Marvel punya Ghost Rider, sementara DC Comics punya Atomic Skull.

18. Wasp VS Bumblebee

karakter DS vs Marvel (22)
Bisa dibilang Wasp dan Bumblebee ini ada karena keberadaan Ant-Man dan ATOM. Saat ada pahlawan cowok yang bisa mengecil, pahlawan ceweknya juga harus ada dong!

19. Plastic Man VS Elongated Man VS Mr. Fantastic

karakter DS vs Marvel (13)
DC memperbarui karakter Plastic Man dengan Elongated Man. Tak mau ketinggalan, Marvel pun menciptakan karakter Mr. Fantastic yang tergabung di Fantastic Four.

20. Clayface VS Sandman

karakter DS vs Marvel (12)
Bukan hanya pahlawan yang mirip, ada juga penjahat yang mirip. Agar para superhero bisa main tanah, ada karakter Clayface dan Sandman yang diciptakan masing-masing oleh Marvel dan DC Comics.

21. Swamp Thing VS Man-Thing

karakter DS vs Marvel (7)
Keduanya adalah monster menjijikan yang ada di dalam dunia komik.

22. Darkseid dan Thanos

karakter DS vs Marvel (19)
Di AVENGER: Infinity War, tim AVENGER akan menghadapi musuh terkuatnya yakni Thanos. Dan tak lupa Justice League juga punya musuh kuat, yakni Darkseid.

23. Blue Beetle VS Spiderman

karakter DS vs Marvel (23)
Dengan tampilan yang hampir sama, boleh dong bandingin kalo keduanya mungkin saling menginspirasi. Tapi, siapa meniru siapa?

24. Deadshot VS Bullseye

karakter DS vs Marvel (25)
Keduanya memiliki kemampuan menembak jarak jauh dengan akurasi yang tinggi. Berbeda dengan Bullseye yang belum pernah muncul, kamu akan menemukan Deadshot beraksi di Suicide Squad yang akan tayang beberapa bulan mendatang.

25. Wonder Woman VS Sif

karakter DS vs Marvel (24)
Bukan cuma cowok yang beraksi. Baik Marvel atau DC Comics juga punya pahlawan cewek kuat, yakni Wonder Woman dan Sif. Keduanya adalah dewi perang.
Itu dia 25 karakter Marvel dan DC yang mirip satu sama lain. Menurut kamu, karakter siapa meniru siapa? Jika melihat tahun kehadirannya, bisa dibilang banyak karakter Marvel itu terinspirasi DC. Jika tidak mau dibilang meniru.

No comments:

Post a Comment